Tim Gabungan Lakukan Pemadaman Karhutla

oleh -455 views
IMG 20190924 WA0049
Asahan, (HK) – Bupati Asahan H. Surya Bsc menginstruksikan Perangkat Daerah terkait, agar turun langsung untuk membantu penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Perbangunan Blok XX Kecamatan Sei Kepayang Kabupaten Asahan.
Hal tersebut disampaikan Sekda Kabupaten Asahan, Taufik ZA Siregar kepada wartawan, Selasa saat memantau proses pemadaman dilokasi lahan yang terbakar di Desa Perbangunan, Kecamatan Sei Kepayang, Asahan.(24/9/2019)
IMG 20190924 WA0048
Foto : Tim gabungan saat memadamkan karhutla

“Guna menanggulangi kebakaran lahan di Desa Perbangunan, saya bersama Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu, S.I.K., M.H. turun langsung ke lokasi untuk memantau perkembangan upaya pamadaman api dan saat ini api sudah padam total di lokasi dan asap juga sudah berkurang dari hari-hari sebelumnya,” Sebut Taufik dihadapan wartawan  dilokasi karhutla.

Sambungnya, sebelumnya ia juga telah menginstruksikan agar penanganan kebakaran dipercepat serta mencegah kebakaran tidak meluas.
Pantauan di lokasi, tim gabungan pemkab Asahan yang terdiri dari Satpol PP, BPBD Asahan, Pemadam Kebakaran, kepolisian dari jajaran Polres Asahan, TNI dari Kodim 0208 Asahan, KPH III Kisaran,  dan semua tim terkait terjun langsung untuk memadamkan sisa api di Desa Perbangunan.
 “Kita semua turun, tim terpadu dari Pemkab serta pihak TNI dan Polri serta dibantu oleh warga masyarakat berkerja sama untuk menangani kebakaran lahan. Alhamdulilah saat ini api telah padam total dan semoga ini api yang terakhir di Asahan,” tutup Taufik Siregar.
Diberitakan sebelumnya, lebih kurang 27 hektar lahan hutan milik Negara di Register V-A Nantalu, Asahan,  sempat terbakar pada Rabu (18/9/2019) dan berhasil dipadamkan oleh personil KPH III Kisaran bersama Polres Asahan yang telah lebih dulu berhasil memadamkan api setelah dua hari bertarung melawan api.
Kondisi lahan yang bergambut disertai kemarau panjang, ternyata tidak membuat keseluruhan api telah padam, meski dipermukaan sudah tidak terlihat api, ternyata dibagian bawah lahan gambut masih menyisakan api yang membuat lokasi tersebut kembali terbakar pada Senin (23/9/2019) dan kemudian kembali berhasil dipadamkan oleh tim gabungan terpadu sehari setelahnya. (KH/JM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *