Keren Bah..!! Kapolres Asahan Launching Gerakan Penanaman Sejuta Pohon.

oleh -359 views
1571161108 picsay

Asahan, Sumut (HK) – Tidak monoton hanya menangani kasus-kasus kejahatan kriminal maupun penyakit sosial lainnya yang melanggar hukum, kini pihak Kepolisian dijajaran Polres Asahan membuat terobosan baru sebagai bentuk kepedulian Polisi terhadap Lingkungan yang akhir-akhir ini dampak pemanasan global semakin terasa, ditandai dengan tidak menentunya keadaan cuaca maupun iklim diberbagai tempat ditanah air yang ditengarai disebabkan kerusakan hutan akibat alih fungsi lahan maupun pengelolaan lingkungan dalam mengelola sumber daya alam.

Pengelolaan yang tidak disertai dengan kajian-kajian lingkungan hidup strategis akan berdampak pada ketidak seimbangan alam itu sendiri.

Untuk meminimalisir dampak dari kerusakan lingkungan itu, pihak kepolisian dari Polres Asahan menggelar giat lingkungan dalam program Penanaman Sejuta Pohon yang hari ini Selasa,(15/10/2019) sedikitnya 13.000 bibit pohon telah ditanam disepanjang bantaran Sungai Silo dan dilahan-lahan kritis di Desa Sei Dua Hulu, Kecamatan Simpang Empat, Asahan.

Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu S.I.K, M.H yang hadir langsung kelokasi memimpin launching perdana penanaman sejuta pohon tersebut mengatakan bahwa program kerja penanaman sejuta pohon tersebut merupakan gagasan Kapolda Sumatera Utara sebagai bentuk kepedulian pihak Kepolisian terhadap kelangsungan lingkungan hidup serta kelangsungan bumi sebagai tempat tinggal manusia.

“Ini merupakan gagasan bapak Kapolda Sumut yang hari ini serentak dilaksanakan diseluruh daerah Sumatera utara sebagai bentuk kepedulian dan peran serta kepolisian dalam menjaga maupun merawat lingkungan. Harapannya dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu menggugah kesadaran seluruh lapisan masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dari kerusakan, pentingnya menanam pohon sebagai penghasil oksigen,” Sebut Kapolres dalam sambutannya dihadapan ratusan masyarakat yang hadir dan ikut melakukan penanaman pohon.

Orang nomor satu dijajaran Polres Asahan itu juga mengatakan dalam pelaksanaan penanaman sejuta pohon tersebut pihaknya tidak sendiri, melainkan dengan menggandeng pihak Pemkab Asahan yang dihadiri langsung oleh Bupati Asahan H.Surya B.sc.

Dihadapan Bupati Asahan, Kapolres juga mengatakan sengaja memilih Desa Sei Dua Hulu sebagai tempat penanaman perdana karena daerah tersebut sering terjadi banjir dari luapan sungai Asahan yang ditengarai akibat tidak atau kurang terjaganya kawasan hulu Sungai Asahan di daerah Danau Toba yang seharusnya menjadi daerah resapan air dibagian hulu dan akhirnya berdampak banjir di Desa Sei Dua Hulu yang menjadi masyarakat hilir sungai Asahan.

Untuk itu Kapolres Asahan berharap dapat bekerja sama dengan Pemkab Asahan menjadikan kawasan hilir Sungai Asahan menjadi fokus perhatian kedepannya agar masyarakat hilir dari Sungai Asahan dapat terbebas dari bahaya banjir serta kejadian karhutla yang baru-baru ini terjadi di bagian hilir Sungai Asahan yang berhasil dipadamkan oleh tim gabungan Polres Asahan, Pemkab Asahan, dan TNI dari Kodim 0208.

Pantauan media ini, sedikitnya 13.000 bibit pohon telah tertanam diacara launching penanaman sejuta pohon tersebut.

Turut hadir melakukan penanaman, Bupati Asahan H.Surya B.sc, Sekda Kabupaten Asahan, Ketua DPRD Asahan, Dandim 0208, Danyon 126/KC, para Kapolsek sejajaran, para Camat, Kepala Desa, perwakilan perusahaan, Ketua Bhayangkari cabang Asahan Ny.Dodot Faisal F Napitupulu dan Ketua Dharma Wanita Asahan. (KH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *